Cara Meningkatkan Daya Ingat Yang Efektif, Nomor 5 Jitu



Daya ingat merupakan hal yang penting bagi kita semua. Dengan daya ingat, kita dapat memahami materi – materi yang sedang kita pelajari serta dapat mengingat agenda yang telah kita buat. Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda dalam mengingat, dan biasanya itu terjadi karena otak jarang dilatih. Hal ini juga diperkuat oleh pendapat para ilmuwan yang mengatakan bahwa otak yang sering dilatih akan berpeluang besar dalam hal daya ingat dan kualitas kecerdasan.

Jika anda ingin meningkatkan daya ingat anda menjadi lebih baik lagi, ada beberapa cara meningkatkan daya ingat yang bisa dilakukan oleh siapa saja sehingga daya ingat anda menjadi lebih tajam. Dan kali ini, saya akan bagi – bagi tips tentang cara meningkatkan daya ingat. Berikut ini tipsnya:

cara meningkatkan daya ingat
  1. Cobalah untuk mempelajari bahasa asing, karena menurut penelitian mempelajari bahasa dapat mengaktifkan sel – sel otak sehingga daya ingat juga meningkat.
  2. Teruslah belajar, cari topik yang membuat anda tertarik untuk mempelajari topik tersebut. Dengan terus belajar, tentunya akan sangat bermanfaat untuk perkembangan otak anda.
  3. Menjalin hubungan sosial dengan masyarakat sekitar. Karena dengan bersosialisasi, akan membawa banyak keuntungan dalam hubungan sosial. Anda bisa melakukannya berorrganisasi, atau mengikuti komunitas yang sesuai dengan hobi anda.
  4. Lebih baik kembangkan kebiasaan baru. Dengan membuat kebiasaan baru maka akan ada kekuatan baru untuk mencapai tujuan yang anda tetapkan. Contohnya seperti bermain alat musik, masak, melukis, dan lain sebagainya.
  5. Olahraga secara teratur. Karena selain dapat meningkatkan sistem peredaran darah, olahraga juga dapat meingkatkan daya ingat dan kapasitas otak anda.
  6. Latihlah otak anda dengan permainan yang mengasah otak anda. Dengan semakin menggunakan kemampuan otak, daya ingat anda akan tetap terjaga dengan baik.
  7. Makanlah makanan yang dapat meningkatkan daya ingat. Ada banyak jenis bahan makanan yang bisa anda konsumsi, seperti kacang almond, jinten hitam, minyak ikan kod, jus buah, sayur – sayuran hijau, dan lain sebagainya.
  8. Hindari memikirkan hal berat yang bisa memicu stres, karena stres bisa meningkatkan hormon kortisol yang dapat mempengaruhi daya ingat anda.
  9. Tidurlah secara teratur. Karena tidur dapat mengembalikan fungsi otak kiri dan otak kanan anda, sehingga otak anda siap untuk menampung materi yang akan dipelajari.
Itu tadi tips – tips tentang cara meningkatkan daya ingat yang membuat daya ingat anda menjadi meningkat dengan lebih baik. Semoga sukses.