Beberapa Cara Mengatasi Insomnia Yang Tepat Dan Benar



Insomnia merupakan hal yang sangat mengganggu bagi manusia karena insomnia ini membuat seseorang menjadi susah untuk tidur dengan lelap sehingga tubuh menjadi tidak segar dan aktivitas yang dilakukan tidak bisa dilakukan dengan maksimal. Ada beberapa faktor yang membuat anda menjadi insomnia. Diantaranya adalah karena anda memikirkan hal – hal yang memberatkan pikiran anda sehingga anda menjadi stres, mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, atau juga disebabkan karena anda terlalu sering merokok.

Untuk mengatasi insomnia ini, ada beberapa cara mengatasi insomnia yang bisa dilakukan agar tidur anda menjadi lebih lelap. Dan kali ini saya akan berbagi tips cara mengatasi insomnia yang mudah dan efektif. Berikut ini tipsnya:

cara mengatasi insomnia
  1. Konsumsi makanan yang banyak mengandung magnesium dan potasium yang tinggi yang bisa membuat hormon otak anda lebih tenang sehingga tidur anda menjadi lebih nyenyak. Contoh makanan yang bisa dikonsumsi adalah kacang almond dan pisang.
  2. Jangan terlalu banyak makan atau minum menjelang tidur. Karena minum terlalu banyak akan membuat anda menjadi lebih sering buang air sehinggu mengganggu tidur anda. Dan perut yang kenyang membuat kondisi menjadi tidak nyaman.
  3. Mandilah dengan air hangat selama kurang lebih 30 menit sebelum tidur. Karena air hangat dapat mengurangi ketegangan pada tubuh, serta memiliki efek yang dapat merangsang seseorang untuk tidur.
  4. Berhentilah merokok sekarang juga, karena kandungan nikotin pada rokok merupakan stimulan yang membuat tubuh semakin terjaga dan tidurpun menjadi susah untuk dilakukan.
  5. Buat suasana kamar anda menjadi nyaman yang membuat pikiran anda menjadi tenang dan tidur menjadi mudah. Hal – hal yang bisa dilakukan adalah dengan merapikan kamar tidur anda, nyalakan pendingin ruangan agar kamar menjadi sejuk, serta matikan lampu di kamar anda.
  6. Lakukan meditasi dengan rutin. Karena meditasi dapat membuat pikiran anda berfokus pada satu titik dan pikiran menjadi jernih, sehingga kualitas tidur menjadi lebih baik.
  7. Atur jadwal tidur anda secara teratur, sehingga tubuh dan otak anda dapat terbiasa pada waktu tidur dan bangun anda.
  8. Jauhkan gadget anda ketika anda akan tidur. Karena gadget membuat anda tidak bisa fokus untuk beristirahat, dan selain itu juga dapat mengganggu fungsi organ tubuh anda.
Itulah tips – tips tentang cara mengatasi insomnia yang membuat anda terbebas dari insomnia. Lakukan secara rutin dan teratur agar hasilnya dapat sesuai dengan ytang anda harapkan. Semoga berhasil.