Inilah 10 Cara Mengatasi Stress Pada Anak



Tidak hanya orang dewasa yang bisa mengalami apabila mendapatkan banyak tekanan  karena anak – anak juga dapat mengalami stress apabila mendapatkan banyak tekanan dari berbagai pihak. Kebanyakan salah satu faktor yang paling besar penyebab anak – anak mudah mengalami stress adalah masalah sekolah. Hal ini dikarenakan semaikin bertambahnya usia anak, akan semakin sulit untuk menyeimbangkan antara kegiatan sekolah dan juga kegiatan dirumah. Apalagi jika sekolah memberikan banyak tugas yang harus diselesaikan dirumah membuat anak menjadi tidak mempunyai waktu untuk bersantai dan juga bermain.

10 Cara Mengatasi Stress Pada Anak Paling Mudah

Beberapa tanda apabila anak – anak mengalami stress adalah mengalami perubahan mood seperti lebih mudah tersinggung, menangis dan menolak untuk beraktivitas. Tidak hanya itu karena ada juga gangguan fisik lainnya seperti mengalami sakit kepala, sakit perut atau juga gangguan ketika tidur. Tetapi apabila anak anda sedang stress, jangan khawatir karena kami akan memberikan 10 cara mengatasi stress pada anak dan berikut adalah caranya :

cara mengatasi stres pada anak
  1. Sediakan cukup waktu
    Anak yang selalu terburu -  buru tidak akan pernah tenang dalam melakukan sesuatu dan maka dari itu sediakan cukup waktu bagi anak anda untuk melakukan sesuatu. Misalnya saja pada saat berangkat ke sekolah.
  2. Cukup tidur
    Tidur yang cukup juga menjadi obat yang paling ampuh untuk mengatasi stress pada anak dan anak akan lebih mampu untuk mengatasi tekanan di sekolahnya.
  3. Bicara
    Membicarakan masalah yang menyebabkan stress juga dapat menjadi obat yang ampuh dalam mengatasi stress pada anak. Bertanyalah pada mereka masalah apa yang sedang dihadapi dan berikan solusi untuk mengatas masalah tersebut.
  4. Relaksasi
    Tidak memiliki ketenangan juga dapat menyebabkan stress pada anak dan maka dari itu melakukan relaksasi seperti menarik napas dapat membuat pikiran menjadi lebih positif dan lebih tenang.
  5. Kurangi kegiatan di luar sekolah
    Tanpa orang tua sadari, les dan juga kegiatan ekstrakurikuler dapat membuat anak menjadi tertekan dan juga stress. Maka dari itu kurangi kegiatan les dan ekstra kurikuler agar anak masih memiliki waktu untuk bermain bersama teman – temannya.
  6. Hubungan dengan guru
    Memang guru bisa menjadi salah satu tekanan yang paling besar di sekolah bagi anak. Tetapi guru juga bisa menggantikan peran orang tua di sekolahan dengan cara berbicara dengan murid yang sedang mengalami masalah.
  7. Beri contoh
    Orang tua sebaiknya memberikan contoh cara mengatasi stress pada dirinya sendiri sehingga anak  bisa meniru perilaku tersebut dan menerapkan pada dirinya sendiri.
  8. Hindari kritikan
    Alangkah baiknya anda tidak memberikan kritik pada anak anda meskipun hasilnya kurang sesuai dengan keinginan anda karena kritik bisa membuat anak anda menjadi takut untuk berkreasi.
  9. Batasi teknologi
    Alangkah baiknya apabila anda membatasi anak anda dalam bermain dengan teknologi karena anak yang menghabiskan waktu dengan teknologi selama lebih dari 7 jam cenderung lebih mudah mengalami stress.
  10. Minta bantuan
    Jika anda mengalami kesulitan dalam mengatasi stress pada anak, ada baiknya juga apabila anda meminta bantuan yang lebih ahli dalam mengatasi stress seperti psikolog.
Demikianlah 10 cara mengatasi stress pada anak dan semoga bisa mengurangi stress pada anak anda. Selamat mencoba!