Beberapa Cara Mengatasi Susah Tidur Yang Cocok Untuk Anda



Tidur merupakan hal perlu dilakukan agar tubuh dapat kembali segar dan dapat melakukan aktivitas dengan baik dan penuh semangat. Tapi sebagian orang ada yang mengalami gangguan tidur atau yang lebih dikenal dengan insomnia. Insomnia merupakan hal yang menyulitkan bagi manusia karena seharusnya kita butuh istirahat yang cukup, tapi disisi lain mereka tidak bisa tidur dengan lelap.
Ada beberapa faktor yang membuat orang tidak bisa tidur.

Diantaranya disebabkan karena gangguan penyakit, terlalu banyak pikiran yang membuat stres, faktor lingkungan yang tidak bisa membuat orang terlelap, atau faktor lainnya seperti efek samping dari obat, dan mengkonsumsi alkohol secara tidak benar. Jika anda mengalami gangguan saat tidur, ada beberapa cara mengatasi susah tidur sehingga tidur menjadi lebih lelap. Saya akan memberikan tips tentang cara mengatasi susah tidur yang ampuh dan bikin anda terlelap kembali, berikut ini diantaranya:

cara mengatasi susah tidur
  1. Jangan melihat jam secara terus – menerus. Karena itu hanya bikin anda menjadi semakin bertambah stres karena anda hanya akan sibuk memikirkan sisa waktu tidur anda. Letakkan jam di lemari agar anda, atau bagi yang memiliki jam dinding, anda bisa memindahkan jam di tempat yang tidak bisa anda pandangi saat tidur.
  2. Buka jendela anda sehingga sirkulasi udara di kamar anda lebih lancar dan udara yang ada di kamar anda lebih segar. Udara yang segar akan membuat kamar anda cepat tidur.
  3. Rapikan kamar anda jika kamar anda masih berantakan. Karena kamar yang berantakan akan membuat anda menjadi tidak rileks, dan pikiran juga menjadi berantakan.
  4. Hindari kegiatan yang membuat pikiran anda menjadi lebih berat anda saat akan tidur. Karena berpikir terlalu berat juga akan membuat anda susah untuk tidur.
  5. Jika anda perokok lebih baik hentikan sekarang juga. Karena kandungan nikotin pada rokok juga akan membuat insomnia menjadi lebih buruk, sehingga anda akan semakin terjaga. Jika sulit, merokoklah empat jam sebelum anda tidur.
  6. Redam suara – suara di sekitar anda yang membuat anda menjadi terganggu. Lebih baik nyalakan gunakan penyumbat telinga agar suaranya tidak terdengar.
  7. Matikan segala sumber cahaya di tempat anda agar hormon melatonin dapat diproduksi dengan baik.
  8. Hindari mengkonsumsi kafein sebelum anda tidur  yang membuat tidur menjadi lebih sulit. Lebih baik konsumsi kopi 9 jam sebelum waktu tidur anda.
  9. Pilihlah kasur yang nyaman yang membuat tidur anda lelap. Karena jika salah memilih kasur juga bisa membuat tidur terganggu.
  10. Berolahragalah dengan teratur. Karena sudah banyak yang membuktikan bahwa olahraga dapat meningkatkan kualitas tidur anda. Berolahragalah antara 3-4 jam sebelum waktu tidur anda agar tidur lebih mudah.
Demikian tadi beberapa cara mengatasi susah tidur yang efektif untuk membuat anda tertidur lebih lelap. Selamat mencoba.