Inilah Cara Mengatasi Ketombe Yang Ampuh



Siapa yang tidak mengetahui masalah yang banyak dialami masyarkat yang tinggal di daerah tropis seperti indonesia yaitu ketombe. Ketombe merupakan masalah yang sebenarnya bisa dibilang masalah yang cukup berat karena ketombe bisa menyebabkan kerontokan rambut. Selain itu, ketombe juga sangat berpengaruh terhadap kondisi kulit kepala serta menyebabkan gatal. 

Cara-Mengatasi-Ketombe

Berikut ini beberapa cara mengatasi ketombe :

Konsumsi Vitamin
Selalu konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin A, B dan C. Hal ini dikarenakan ketiga vitamin ini memiliki manfaat untuk menjaga kondisi kulit kepala tetap sehat. Selain itu, ketiga nutrisi ini juga sangat diperlukan dalam system sirkulasi tubuh dan juga mampu mendukung system imun untuk melawan munculnya ketombe. Perbanyak mengkonsumsi sayuran maupun buah-buahan terutama yang mengandung ke tiga vitamin diatas.

Jaga Kebersihan Sisir
Siapa sangka ternyata sisr juga sangat mempengaruhi munculnya ketombe. Sisir yang kotor dan digunakan untuk menyisir rambut sangat cepat sekali merangsang terbentuknya ketombe. Bersihkanlah sisir sesering mungkin atau minimal 2 kali dalam seminggu menggunakan sabun lalu dibilas dengan air hangat.

Gunakan Bahan Shampoo Yang Mengandung Zinc
Zinc sendiri adalah bahan yang memiliki fungsi untuk mencegah dan menghilangkan ketombe. Zinc merupakan mineral antibakteri yang memperlambat pengelupasan yang biasa disebabkan oleh peredaran sel.

Melakukan Perawatan di Salon
Sudah jelas dan tahu apa permasalahan yang sering dialami sebagain dari kita yaitu ketombe karena menumpuknya kotoran di kulit kepala. Ahli masalah rambut dunia banyak yang menyarankan dan merekomendasikan pengobatan ataupun penaggulangan ketombe dapat dilakukan di salon. Pengobatan atau penanggulangan masalah ketombe ini bersifat microdermabrasion yang mampu menghasilkan kulit kepala yang baru. Perawatan ini bisa dilakukan oleh siapa saja, faktor eksternal yang menyebabkan ketombe adalah faktor lingkungan, kuman dan juga cuaca.

Kenali Kondisi Akar Rambut
Tidak semua masalah ketombe tercipta sama, dari orang satu ke orang lainnya semua pasti mengalami masalah ketombe yang berbeda-beda. Ketombe memiliki dua jenis yaitu Pityaris Capitis Simpleks dan Pityriasis Steatoides. Jenis ketombe yang pertama ini memiliki ketebalan yang tipis, kering, hal ini biasanya disebabkan karena stress dan makan-makanan yang tidak bergizi. Selain itu pola hidup yang tidak baik juga bisa mempengaruhi munculnya ketombe ini. 

Bagi anda yang mengalami masalah seperti ini anda bisa menanggulangi dengan shampoo maupun salep khusus yang dioleskan di kulit kepala. Sedangkan untuk jenis ketombe yang kedua biasanya disebabkan karena masalah kulit kepala yang berminyak dan hal ini akan menimbulkan kerak di kulit kepala.

Itu tadi beberapa cara mengatasi ketombe yang wajib untuk anda ketahui, jika anda mengalami masalah ketombe sebaiknya lakukanlah beberapa cara diatas atau berkonsultasi dengan dokter kulit. Semoga beberapa cara mengatasi ketombe paling ampuh diatas dapat bermanfaat untuk anda.