Cara Menurunkan Berat Badan Secara Efektif Dan Mudah



Memiliki berat badan yang ideal merupakan idaman bagi setiap orang dan tentunya hdup secara sehat. Namun jika berat badan pada diri kita tidak ideal atau berlebihan maka kita agak sedikit minder dan selalu berusaha bagaiman cara menurunkan berat badan agar berat badan kita menjadi lebih ideal yang kita inginkan. 

cara menurunkan badan

Berat badan yang berlebihan atau disebut obesitas pada seseorang merupakan sumber atau penyebab berbagai macam penyakit seperti jantung kolesterol, kadar gula darah tinggi, hipertensi, asam urat, dan lain-lain. Untuk itu kita harus mencegah dan berupaya agar berat badan kita selalu ideal dan sehat. Jika anda sudah mempunyai berat badan yang berlebih, maka sebaiknya anda harus mengatur pola makan dan hidup sehat agar berat badan anda bisa berkurang. Namun alangkah baiknya jika anda membaca penjelasan berikut ini mengenai cara menurunakan berat badan secara efektif dan sehat agar menjadi ideal. Berikut penjelasannya, simak baik-baik dan perhatikan dengan seksama bila perlu bisa dicatat.

1. Cara menurunkan berat badan yang pertama yaitu mengatur pola makan kita dengan cara mengurangi porsi makan menjadi setengah atau dikurangi sedikit, memakan buah segar dan sayuran yang hijau setiap hari, makan makanan yang mengandung serat tinggi seperti agar-agar, rumput laut dan lain-lain, mengurangi makanan yang mengandung lemak atau kolesterol tinggi, mengurangi makanan yang manis dan mengandung gula, dan konsumsi gula yang mengandung glukosa rendah (gula rendah). 
2. Berolahraga secara teratur  minimal seminggu dua kali atau kalau bisa setiap hari saat pagi dan sore hari. Olahraga yang pas dan tepat bagi seorang yang mempunyai berat badan berlebih yaitu bersepeda, jogging atau lari lari kecil, senam atau pemanasan kecil. Pada seseorang yang mempunyai berat badan berlebih disarankan untuk tidak melakukan olahraga yang berat dan menguras fisik.
3. Hindari minuman yang bersoda, beralkohol, dan manis. Jika anda mengkonsumsi minuman yang banyak mengandung gula, kadar gula dalam diri anda bisa menjadi tinggi dan berat badan anda menjadi bertambah.
4. Minum minuman tradisional seperti beras kencur, kunyit, madu dan sari kurma agar lemak dalam tubuh menjadi luntur dan mengurangi berat badan.
5. Perbanyak minum air putih sebanyak 8 gelas sehari setiap hari secara teratur.
6. Istirahat yang cukup selama kurang lebih 8 jam sehari.
7. Hindari stress dan depresi agar saat anda melakukan diet atau menurunkan berat badan tidak menjadi gagal. Sebaiknya anda harus senang dan semangat dalam melakukan diet.

Demikian penjelasan mengenai cara menurunkan berat badan secara efektif dan mudah, semoga dapat bermanfaat bagi semuanya khususnya bagi seseorang yang mempunyai berat badan yang berlebih dan bagi seseorang yang ingin memilki berat badan yang ideal.