Cara Mengatasi Stres Yang Efektif



Cara Mengatasi Stres - Hidup selalu penuh dengan permasalahan dan tantangan yang hadir setiap saat tanpa bisa kita duga. Dan tentunya setiap masalah yang selalu hadir dalam hidup kita harus diselesaikan dan tidak bisa dihindari, karena jika dihindari maka justru akan menimbulkan permasalahan yang lebih besar dan berkepanjangan. Tapi disisi lain terkadang permasalahan yang harus diselesaikan malah menjadi rumit, sehingga masalah menjadi sulit diatasi dan membuat kita jadi stres. 

Cara-Mengatasi-Stres

Stres menjadi masalah yang sulit untuk diatasi dan jika terjadi dalam jangka waktu yang panjang, maka akan mengakibatkan gangguan pada otak dan yang terburuk adalah membuat kita menjadi kehilangan akal alias gila. 

Untuk mengatasi stres ini, ada beberapa cara mengatasi stres yang bisa anda lakukan. Diantaranya adalah :

1. Menulis
Menulis adalah cara yang efektif untuk melepaskan beban yang ada di pikiran anda. Dengan menulis, kita dapat mengeluarkan semua permasalahan yang ada di pikiran kita. Dan dengan menuangkan permasalahan ke dalam tulisan, cepat atau lambat pasti akan muncul solusinya.

2. Tertawa
Sempatkanlah di setiap waktu anda dengan melihat hal yang membuat anda bisa tertawa. Tertawa adalah salah satu cara yang baik untuk mengatasi stres. Dengan tertawa, hormon yang memicu stres dapat dikurangi dan dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

3. Pijat
Pijat adalah salah satu cara untuk menghilangkan stres dan membuat otot serta bagian tubuh lainnya menjadi rileks setelah tegang karena rutinitas yang padat.

4. Bermain Game
Ini adalah salah satu cara untuk menghilangkan stres yang paling asik yang bisa anda lakukan. Dengan bermain game, anda bisa melupakan semua permasalahan yang ada dengan mengalihkannya ke dalam permainan.

5. Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik yang anda sukai membuat stres menjadi berkurang dan membuat pikiran anda menjadi lebih rileks.

6. Olahraga
Dengan berolahraga minimal dengan berjalan atau jogging, maka akan membuat adrenalin pada tubuh anda menjadi berkurang dan dapat menghasilkan endorfin, yaitu obat penenang alami yang diproduksi oleh tubuh. Selain itu olahraga dapat meningkatkan kadar oksigen dalam otak, sehingga meningkatkan kekuatan untuk menambah kejelasan dalam berpikir.

7. Bersyukur
Awali hari anda dengan mensyukuri yang anda punya selama ini. Karena dengan bersyukur maka akan menurunkan rasa marah, iri, sedih, dan sikap negatif  lainnya.

Itu tadi beberapa cara mengatasi stres yang bisa dilakukan. Tetap semangat dan imbangi kegiatan anda dengan melakukan kegiatan yang membuat pikiran anda rileks dan siap menghadapi segala permasalahan yang ada.